Ruang Lingkup Metodologi Studi Islam

A.    Pengertian Metodologi Studi Islam

Kata studi islam dikenal dengan bahasa arab sebagai dirasah islamiyah sedangkan dalam bahasa barat dikenal dengan islamic studies  yang secara sederhana dapat dikatakan sebagai usaha untuk mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan islam dengan kata lain usaha yang dilakukan untuk mengetahui,memahami serta membahas secara mendalam tentang islam secara keseluruhan atau hal-hal yang berhubungan dengan islam baik ajaran dan praktik yang pelaksanannya secara nyata dalam kehidupan.
Sebenarnya pengertian metodologi studi islam itu sangat banyak,Tetapi saya hanya menyimpulkan nya saja.Menurut saya pengertian metodologi studi islam itu berasal dari kata studi dan islam.Jika keduanya digabungkan bisa berarti menjadi sebuah studi atau pembelajaran yang di khususkan untuk mengetahui lebih luas dan mendalam tentang sisi lain dari agama islam itu sendiri baik untuk kepentingan umum ataupun untuk kepentingan pribadi.
Hal-hal yang di bahas seperti tentang Bagaimana hakikat hubungan agama islam dengan agama lain?,Bagaimana agama islam di negara barat yang mayoritas penduduk nya no islam?,Sejarah islam?,dan lain-lain yang berhubungan dengan islam.
Dari segi tingkatan kebudayaan agama merupakan universal cultural.[1]Salah satu prinsip teori fungsional menyatakan bahwa segala sesuati yang tidak berfungsi akan lenyap dengan sendirinya.[2]
Jika dilihat dari segi normatif sebagaimana yang terdapat dalam AL QUR’AN  dan HADIST maka islam merupakan agama yang tidak di berlakukan ilmu pengetahuan.Sedangkan jika dilihat dari segi historis islam dapat diartikan  ilmu yang dipraktik kan oleh manusia serta dapat tumbuh dalam sejarah kehidupan manusia maka islam dapat diartikan sebagai disiplin ilmu.[3]
Dari kedua arti diatas dapat menimbulkan perbedaan pengertian tentang islam,yang satu berpengertian tentang ilmu agama yang satu lagi berpengertian sebagai disiplin imu.




B.     Ruang Lingkup Metodologi Studi Islam

Ruang lingkup tentng metodologi studi islam adalah semua yang mencup tentang islam secara keselrhan seperti:

1.      Islam dijadikan objek kajian karena datangnya dari ALLAH SWT yang mutlak dan sumber-sumber nya dapat dipercaya sepenuhnya.
2.      Islam dapat di jadikan sebagai alat komunikasi atau interaksi antar umat islam khususnya
3.      Sebagai budaya yang menjadi kreasi manusia termasuk pemahaman orang lain terhadap wahyu agamanya.
4.      Islam dapat di jadikan sebagai aturan hidup untuk menuju hidup yang lebih baik.
5.      Islam dapat di jadikan sebagai alat pembatas gaya hidup.
6.      Islam sebagai agama terbuka sehingga semua orang baik umat islam ataupun non islsm dapat mempelajari agama islam secara terbuka.
7.      Islam dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan kepada kita.

Selain itu islam sebagai doktrin(asas pendirian agama) yang perlu di kembangkan sehingga dapat menjadi pegangan hidup selain AL’QURAN.
Diketahui bahwa islam memiliki banyak dimensi yaitu keimanan,akal dan pikiran,ekonomi dan politik,imu dan pengetahuan tekhnologi dan lain-lain.Dimensi-dimensi ini menunjukkan hubungan manusia dengan tuhannya,hubungan antara manusia dengan manusia lain nya dan hubungan manusia dengan alam semesta,Untuk mengetahui dimensi-dimensi itu maka perlu adanya pendekatan-pendekatan.[4]



[1] Drs.Atang ABD Hakim M.A.,Metodologi Studi Islam(Bandung:PT.Remaja Rosdakarya,2012)cet 13,Hal 7
[2] Drs.Atang ABD.Hakim M.A.,Metodologi Studi Islam(Bandung:PT.Remaja Rosdakarya,2012)Cet 13,Hal 7
[3] Prof.Dr.H Abuddin Nata,M.A.,Metodologi Studi Islam(Jakarta:PT.RajaGrafindo persada,2012)Cet 13,Hal 150-151
[4] Dr.H.Abuddin Nata,M.A.,Metodologi Studi Islam(Jakarta:PT.RajaGrafindo,2001)cet 6,hal 5

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AKIDAH ISLAM TENTANG IMAN KEPADA RASUL-RASUL ALLAH

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam)

MATERI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI/SD KELAS 3 DAN KELAS 4