MATERI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI/SD KELAS 3 DAN KELAS 4

A.    Pengertian Standar Kompetensi
Standar kompetensi adalah seperangkat kompetensi yang dibakukan secara nasional, yang harus dikuasai siswa ditiap-tiap kelas, mata pelajaran, dan tiap aspek mata pelajaran tertentu.[1] Menurut Abdul Wahid standar kompetensi adalah kerangka yang menjelaskan dasar pengembangan program pembelajaran yang tersusun. Pada muatan kurikulum pasa setiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang terdiri atas standar kompetensi dan kompetensi dasar.
Standar kompetensi mata pelajaran adalah pengurain dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasi setelah siswa mempelajari mata pelajaran tertentu pada jenjang pendidikan tertentu. Pada setiap mata pelajaran, standar kompetensi sudah ditentukan oleh para pengembangan kurikulum, yang dapat kita lihat dari standar isi.
Standar kompetensi merupakan penjabaran dari standar kompetensi lulusan (SKL). Standar kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan. Menurut peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No.23 tahun 2006 standar kompetensi lulusan secara keseluruhan terdiri atas : standar kompetensi lulusan satuan pendidikan (dasar dan menengah), standar kompetensi lulusan kelompok mata pelajaran, dan standar kompetensi dasar lulusan mata pelajaran.[2]
B.     Pengertian Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap minimal yang harus dicapai oleh siswa untuk menunjukkan bahwa setiap siswa telah menuasai standar kompetensi yang telah ditetapkan, maka kompetensi dasar merupakan penjabaran dari standar kompetensi. Kompetensi Dasar adalah pengetahuan, keterampilan dan sikap minimal yang harus dicapai oleh siswa untuk menunjukkan bahwa siswa telah menguasai standar kompetensi yang telah ditetapkan, oleh karena itulah maka kompetensi dasar merupakan penjabaran dari standar kompetensi.[3]
Kompetensi dasar merupakan pernyataan minimal atau memadai tentang pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai dasar yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak setelah siswa menyelesaikan aspek atau sub aspek mata pelajaran. Pengkajian standar kompetensi dan kompetensi dasar seperti yang tercantum dalam standar internasional (SI) dengan memperhatikan sebagai berikut :
a.       Urutan berdasarkan berarti hierarki konsep disiplin ilmu atau tingkat materi harus selalu sesuai dengan urutan yang ada di standar internasional.
b.      Keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran.
c.       Keterkaitan anatara standar kompetensi dan kompetensi dasar antara mata pelajaran dalam tema yang sama.
d.      Merumuskan indikator pencapaian kompetensi.[4]
C.    Contoh SK dan KD Pembelajaran Aqidah Akhlak MI Kelas 3 dan 4
1.      Contoh Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kelas 3 semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Memahami kalimat tayyibah (Masyaallah) dan asmaul husna (al hakim, al mushawwir, dan al karim)
1.1         mengenal Allah melalui kalimat tayyibah (Masyaallah)
1.2         mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah (al hakim, al mushawwir dan al karim)
2.      beriman kepada malaikat-malaikat Allah
2.1         mengenal malaikat-malaikat Allah
2.2         menyebutkan malaikat-malaikat Allah
2.3         meneladani sifat-sifat malaikat Allah
3.      membiasakan akhlak terpuji
3.1         membiasakan sifat rendah hati, santun, ikhlas dan dermawan.
3.2         Membiasakan berakhlak baik terhadap kedua orang tua dalam kehidupan sehari-hari melalui kisah nabi Ismail AS
4.      Menghindari akhlak tercela
4.1         menghindari sikap bodoh, pemarah, kikir dan boros

2.      Contoh Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kelas 3 semester 2
Standar Kompetensi
Kmpetensi Dasar
1.      Memahami kalimat tayyibah (taawudz) dan asmaul husna
1.1         mengenal Allah melalui kalimat tayyibah taawudz
1.2         mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam asmaul husna
2.      beriman kepada makhluk ghaib selain malaikat
2.1         mengenal makhluk ghaib selain malaikat (jin dan setan)
3.      membiasakan akhlak terpuji
3.1         membiasakan sikap rukun dan tolong menolong
3.2         membiasakan berkhlak baik terhadap saudara dalam kehidupan sehari-hari
4.      menghindari akhlak tercela
4.1 menghindari sifat khianat, iri dan dengki melalui kisah kelicikan saudar-saudara nabi Yusuf AS

3.      Contoh Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kelas 4 semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Memahami kalimat tayyibah (innalillahi wa inna ilaihi rajiun) dan asmaul husna (aadzim, al hadi, al adl, dan al hakim)
1.1        mengenal Allah melalaui kalimat tayyibah
1.2        mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asmaul Husna
2.      beriman kepada kitab-kitab Allah
2.1        mengenal kitab-kitab Allah
2.2        mengetahui urutan kitab-kitab Allah
3.      membiasakan akhlak terpuji
3.1        membiasakan sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari
3.2        membiasakan sikap tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan melalui kisah Masyitah
4.      menghindari akhlak tercela
4.1        menghindari akhlak tercela melalui kisah Sa’labah

4.      Contoh Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kelas 4 semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Memahami kamlimat Tayyibah (assalamualikum) dan asmaul husna (assalam, al-mukmin, al-latif)
1.1          mengenal Allah melalui kalimat Tayyibah (Assalamualaikum)
1.2          mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam asmaul husna (assalam, al-mukmin, dan al-latif)
2.      beriman kepada Rasul-rasul Allah
2.1          mengenal Rasul dan Nabi Allah
2.2          menyebutkan Rasul dan Nabi Allah
3.      membiasakan Akhlak terpuji
3.1          membiasakan akhlak terpuji (siddiq, amanah, tabliq, fathanah) dalam kehidupan sehari-hari
3.2          membiasakan akhlak terpuji terhadap teman dalam kehidupan sehari-hari
3.3          mencintai dan meneladani akhlak mulia 5 rasul Ulul Azmi
4.      menghindari akhlak tercela
4.1          menghindari akhlak munafik dalam kehidupan sehari-hari.[5]



[1]Sofan Amri, Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah, (Jakarta : PT. Prestasi Pustakarya,2013), h.110.
[2]Rusman, Manajemen Kurikulum, (Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2009), h. 419.
[4]Sofan Amri, ibid, h. 111, E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, h.109.
[5]Nikmah Afifah, Analisis Buku Ajar Aqidah Akhlak.pdf.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AKIDAH ISLAM TENTANG IMAN KEPADA RASUL-RASUL ALLAH

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam)