MATERI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI/SD KELAS 3 DAN KELAS 4
A.
Pengertian
Standar Kompetensi
Standar kompetensi adalah seperangkat kompetensi
yang dibakukan secara nasional, yang harus dikuasai siswa ditiap-tiap kelas, mata
pelajaran, dan tiap aspek mata pelajaran tertentu.[1]
Menurut Abdul Wahid standar kompetensi adalah kerangka yang menjelaskan dasar
pengembangan program pembelajaran yang tersusun. Pada muatan kurikulum pasa
setiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang terdiri atas standar
kompetensi dan kompetensi dasar.
Standar kompetensi mata pelajaran adalah pengurain
dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasi setelah siswa
mempelajari mata pelajaran tertentu pada jenjang pendidikan tertentu. Pada
setiap mata pelajaran, standar kompetensi sudah ditentukan oleh para
pengembangan kurikulum, yang dapat kita lihat dari standar isi.
Standar kompetensi merupakan penjabaran dari standar
kompetensi lulusan (SKL). Standar kompetensi lulusan merupakan kualifikasi
kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan. Menurut
peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No.23 tahun 2006 standar kompetensi
lulusan secara keseluruhan terdiri atas : standar kompetensi lulusan satuan
pendidikan (dasar dan menengah), standar kompetensi lulusan kelompok mata
pelajaran, dan standar kompetensi dasar lulusan mata pelajaran.[2]
B.
Pengertian
Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar adalah pengetahuan, keterampilan,
dan sikap minimal yang harus dicapai oleh siswa untuk menunjukkan bahwa setiap
siswa telah menuasai standar kompetensi yang telah ditetapkan, maka kompetensi
dasar merupakan penjabaran dari standar kompetensi. Kompetensi Dasar adalah pengetahuan,
keterampilan dan sikap minimal yang harus dicapai oleh siswa untuk menunjukkan
bahwa siswa telah menguasai standar kompetensi yang telah ditetapkan, oleh
karena itulah maka kompetensi dasar merupakan penjabaran dari standar
kompetensi.[3]
Kompetensi dasar merupakan pernyataan minimal atau
memadai tentang pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai dasar yang
direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak setelah siswa
menyelesaikan aspek atau sub aspek mata pelajaran. Pengkajian standar
kompetensi dan kompetensi dasar seperti yang tercantum dalam standar
internasional (SI) dengan memperhatikan sebagai berikut :
a. Urutan
berdasarkan berarti hierarki konsep disiplin ilmu atau tingkat materi harus
selalu sesuai dengan urutan yang ada di standar internasional.
b. Keterkaitan
antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran.
c. Keterkaitan
anatara standar kompetensi dan kompetensi dasar antara mata pelajaran dalam
tema yang sama.
d. Merumuskan
indikator pencapaian kompetensi.[4]
C.
Contoh
SK dan KD Pembelajaran Aqidah Akhlak MI Kelas 3 dan 4
1.
Contoh
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kelas 3 semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Memahami kalimat tayyibah
(Masyaallah) dan asmaul husna (al hakim, al mushawwir, dan al karim)
|
1.1
mengenal Allah melalui kalimat
tayyibah (Masyaallah)
1.2
mengenal Allah melalui
sifat-sifat Allah (al hakim, al mushawwir dan al karim)
|
2.
beriman kepada malaikat-malaikat
Allah
|
2.1
mengenal malaikat-malaikat Allah
2.2
menyebutkan malaikat-malaikat
Allah
2.3
meneladani sifat-sifat malaikat
Allah
|
3.
membiasakan akhlak terpuji
|
3.1
membiasakan sifat rendah hati,
santun, ikhlas dan dermawan.
3.2
Membiasakan berakhlak baik
terhadap kedua orang tua dalam kehidupan sehari-hari melalui kisah nabi
Ismail AS
|
4.
Menghindari akhlak tercela
|
4.1
menghindari sikap bodoh, pemarah,
kikir dan boros
|
2.
Contoh
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kelas 3 semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kmpetensi
Dasar
|
1.
Memahami kalimat tayyibah
(taawudz) dan asmaul husna
|
1.1
mengenal Allah melalui kalimat
tayyibah taawudz
1.2
mengenal Allah melalui
sifat-sifat Allah yang terkandung dalam asmaul husna
|
2.
beriman kepada makhluk ghaib
selain malaikat
|
2.1
mengenal makhluk ghaib selain
malaikat (jin dan setan)
|
3.
membiasakan akhlak terpuji
|
3.1
membiasakan sikap rukun dan
tolong menolong
3.2
membiasakan berkhlak baik
terhadap saudara dalam kehidupan sehari-hari
|
4.
menghindari akhlak tercela
|
4.1
menghindari sifat khianat, iri dan dengki melalui kisah kelicikan
saudar-saudara nabi Yusuf AS
|
3.
Contoh
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kelas 4 semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Memahami kalimat tayyibah
(innalillahi wa inna ilaihi rajiun) dan asmaul husna (aadzim, al hadi, al
adl, dan al hakim)
|
1.1
mengenal Allah melalaui kalimat
tayyibah
1.2
mengenal Allah melalui
sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asmaul Husna
|
2.
beriman kepada kitab-kitab Allah
|
2.1
mengenal kitab-kitab Allah
2.2
mengetahui urutan kitab-kitab
Allah
|
3.
membiasakan akhlak terpuji
|
3.1
membiasakan sikap hormat dan
patuh dalam kehidupan sehari-hari
3.2
membiasakan sikap tabah dan sabar
dalam menghadapi cobaan melalui kisah Masyitah
|
4.
menghindari akhlak tercela
|
4.1
menghindari akhlak tercela
melalui kisah Sa’labah
|
4.
Contoh
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kelas 4 semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Memahami kamlimat Tayyibah
(assalamualikum) dan asmaul husna (assalam, al-mukmin, al-latif)
|
1.1
mengenal Allah melalui kalimat
Tayyibah (Assalamualaikum)
1.2
mengenal Allah melalui
sifat-sifat Allah yang terkandung dalam asmaul husna (assalam, al-mukmin, dan
al-latif)
|
2.
beriman kepada Rasul-rasul Allah
|
2.1
mengenal Rasul dan Nabi Allah
2.2
menyebutkan Rasul dan Nabi Allah
|
3.
membiasakan Akhlak terpuji
|
3.1
membiasakan akhlak terpuji
(siddiq, amanah, tabliq, fathanah) dalam kehidupan sehari-hari
3.2
membiasakan akhlak terpuji
terhadap teman dalam kehidupan sehari-hari
3.3
mencintai dan meneladani akhlak
mulia 5 rasul Ulul Azmi
|
4.
menghindari akhlak tercela
|
4.1
menghindari akhlak munafik dalam
kehidupan sehari-hari.[5]
|
[1]Sofan Amri, Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah, (Jakarta :
PT. Prestasi Pustakarya,2013), h.110.
[2]Rusman, Manajemen Kurikulum, (Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2009),
h. 419.
[3]https://nurfitriyanielfima.wordpress.com/2013/10/09/pengertian-standar-kompetensi-sk-kompetensi-dasar-kd-dan-indikator/. Diunduh pada tanggal 17
Maret 2017, pkl 12.16 WIB.
[4]Sofan
Amri, ibid, h. 111, E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan,
h.109.
[5]Nikmah Afifah, Analisis Buku Ajar Aqidah Akhlak.pdf.
Komentar
Posting Komentar