RPP PAI dan Budi Pekerti
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tugas ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah
Perencanaan Pembelajaran
Dosen pengampu : Khodijah, M.Pd.I
Di
Susun Oleh
Adesia Afriana (1501050096)
Kelas : PGMI B / V
FAKULTAS
TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
PENDIDIKAN
GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI METRO
TAHUN
AJARAN 2017/2018
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MIN 1 Metro
Mata Pelajaran : PAI dan Budi Pekerti
Kelas / Semester : II (Dua) / I (Satu)
Materi Pokok : Adab Makan
Alokasi Waktu : 2 X Pertemuan (4 x 35 menit)
A.
Kompetensi
inti:
KI 1 :Menerima dan
menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2 :Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru.
KI 3 :Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4 :Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator pencapaian kompetensi
|
3.8
Mengenal makna
doa sebelum dan sesudah makan
4.6 Mencontohkan perilaku
hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna hadist
tentang kebersihan dan kesehatan
1.3 Terbiasa berdoa
sebelum dan sesudah makan
2.7 Memiliki perilaku
disiplin sebagai implementasi dari pemahaman Q.S Al-Ashr
|
3.8.1
Menunjukkan
doa sebelum dan sesudah makan
4.6.1 Mempraktekkan perilaku hidup bersih dan
sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna hadist tentang kebersihan dan
kesehatan
3.1.1 Mempraktekkan
berdoa sebelum dan sesudah makan
2.7.1 Menunjukkan perilaku disiplin sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S Al-Ashr
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
3.8.1
Siswa dapat menunjukkan doa sebelum dan sesudah makan dengan baik dan benar.
3.8.2
Siswa dapat melafalkan doa sebelum dan sesudah makan dengan baik dan benar.
4.6.1
siswa dapat mempraktekkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi
dari pemahaman makna hadist tentang kebersihan dan kesehatan dengan baik dan
benar
4.6.2
Siswa dapat membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi
dari pemahaman makna hadist tentang kebersihan dan kesehatan dengan baik dan
benar
1.3.1
Siswa dapat mencontohkan berdoa sebelum dan sesudah makan dengan baik dan benar
1.3.2
Siswa dapat mempraktekkan berdoa sebelum dan sesudah makan dengan baik dan benar
2.7.1
Siswa dapat menunjukkan perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman
Q.S Al-Ashr dengan baik dan benar
2.7.2
Siswa dapat memberikan contoh perilaku disiplin sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S Al-Ashr dengan baik dan benar
D.
ADAB MAKAN
|
Pengertian doa
sebelum dan sesudah makan
|
Hadist tentang Kebersihan dan Kesehatan
|
Tata cara berdoa sebelum dan sesudah makan
|
Makna dari Q.S Al-Ashr
|
E.
Metode
Pembelajaran
Model Pembelajaran : Contextual Teaching and Learning (CTL)
Metode
Pembelajaran : Ceramah, Tanya Jawab dan diskusi.
F.
Media, Alat dan bahan,
Sumber Belajar
Media :
Gambar
Alat dan Bahan : Papan
Tulis dan Spidol
Sumber Belajar : Buku
Paket PDF dan Internet.
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Kegiatan Awal
|
10 menit
|
|
a. Guru mengucapkan salam dan meminta salah
satu peserta didik memimpin doa
b. Guru menanyakan keadaan peserta didik
c. Guru mengabsen kehadiran peserta didik
d. Guru menanyakan sekilas pelajaran minggu
lalu
e. Guru menjelaskan tujuan mempelajari materi
serta kompetensi yang akan dicapai
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
50 menit
|
|
a. Mengamati
1.
Peserta didik membaca materi tentang pengertian doa sebelum dan sesudah makan dan hadist tentang kebersihan dan
kesehatan
2.
Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang
pengertian doa sebelum dan sesudah makan dan
hadist tentang kebersihan dan kesehatan
b. Menanya
1.
Peserta didik memberikan tanggapan hasil penjelasan
guru tentang pengertian doa sebelum
dan sesudah makan dan hadist tentang kebersihan dan kesehatan
2.
Peserta didik pada
saat membaca mengalami
masalah, maka peserta didik disilahkan
bertanya pada teman lain atau bertanya secara langsung pada guru.
c. Eksplorasi/eksperimen
1.
Masing-masing kelompok berdiskusi tentang doa sebelum dan sesudah makan dan hadist tentang kebersihan dan
kesehatan
2.
Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang doa sebelum dan sesudah makan dan hadist tentang kebersihan dan
kesehatan
d. Mengasosiasi
Peserta didik melalui kelompoknya mendiskusikan dengan model CTL. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
a.
Guru
menyampaikan materi tentang pengertian doa sebelum dan sesudah makan dan
hadist tentang kebersihan dan kesehatan
b.
Guru membagi
kedalam beberapa kelompok sesuai dengan jumlah peserta didik
c.
Peserta didik
bekerja dalam kelompok menyelesaikan permasalahan yang diajukan oleh guru
d.
Peserta didik
dalam kelompok menyelesaikan LKS yang dibagikan oleh guru. Guru berkeliling
untuk mengamati, memotivasi dan memfasilitasi kerja sama
e.
Wakil peserta
didik setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain
menanggapi hasil kerjja kelompok yang mendapatkan tugas
f.
Dengan
mengacu pada jawaban peserta didik, melalui tanya jawab, guru dan siswa
membahas cara penyelesaian masalah dengan tepat dan benar
g.
Guru
menyimpulkan materi dengan menanyakan kepada peserta didik tentang materi
yang belum dipahami dengan baik
e. Mengkomunikasikan
1. Menyampaikan kembali isi kesimpulan tentang
pengertian doa sebelum dan sesudah makan dan
hadist tentang kebersihan dan kesehatan
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
|
10 menit
|
|
a. Guru mengadakan refleksi hasil pembelajaran
b. Guru mengadakan tes baik tulis maupun lisan
c. Guru mengajak peserta didik menyimpulkan
bersama materi pembelajaran
d. Guru memberikan pesan-pesan moral terkait
dengan sikap keimanan dan sosial
e. Guru memberikan tugas mandiri secara
individu
f. Guru mengajak berdoa akhir pembelajaran dilanjutkan dengan salam
|
|
Pertemuan ke-2
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
1.
|
Kegiatan Awal
|
10
menit
|
|
a. Guru mengucapkan salam dan meminta salah
satu peserta didik memimpin doa
b. Guru menanyakan keadaan peserta didik
c. Guru mengabsen kehadiran peserta didik
d. Guru menanyakan sekilas pelajaran minggu
lalu
e. Guru menjelaskan tujuan mempelajari materi
serta kompetensi yang akan dicapai
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
50
menit
|
|
a. Mengamati
1.
Peserta didik membaca materi tentang tata
cara berdoa sesudah dan sebelum makan dan makna dari Q.S Al-Ashr
2.
Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang
pengertian tata cara berdoa sesudah dan
sebelum makan dan makna dari Q.S Al-Ashr
b. Menanya
1.
Peserta didik memberikan tanggapan hasil penjelasan
guru tentang tata cara
berdoa sesudah dan sebelum makan dan makna dari Q.S Al-Ashr
2.
Peserta didik pada
saat membaca mengalami
masalah, maka peserta didik disilahkan
bertanya pada teman lain atau bertanya secara langsung pada guru.
c. Eksplorasi/eksperimen
1.
Masing-masing kelompok berdiskusi tentang tata cara berdoa sesudah dan sebelum makan dan makna dari Q.S
Al-Ashr
2.
Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang tata cara berdoa sesudah dan sebelum makan dan makna dari Q.S
Al-Ashr
d. Mengasosiasi
Peserta didik melalui kelompoknya mendiskusikan dengan model CTL. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
a.
Guru
menyampaikan materi tentang pengertian doa sebelum dan sesudah makan dan
hadist tentang kebersihan dan kesehatan
b.
Guru membagi
kedalam beberapa kelompok sesuai dengan jumlah peserta didik
c.
Peserta didik
bekerja dalam kelompok menyelesaikan permasalahan yang diajukan oleh guru
d.
Peserta didik
dalam kelompok menyelesaikan LKS yang dibagikan oleh guru. Guru berkeliling
untuk mengamati, memotivasi dan memfasilitasi kerja sama
e.
Wakil peserta
didik setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain
menanggapi hasil kerjja kelompok yang mendapatkan tugas
f.
Dengan
mengacu pada jawaban peserta didik, melalui tanya jawab, guru dan siswa
membahas cara penyelesaian masalah dengan tepat dan benar
g.
Guru
menyimpulkan materi dengan menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang
belum dipahami dengan baik
e. Mengkomunikasikan
1.
Menyampaikan kembali isi kesimpulan tentang tata cara berdoa sesudah dan sebelum makan dan makna dari Q.S
Al-Ashr
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
|
10
menit
|
|
a. Guru mengadakan refleksi hasil pembelajaran
b. Guru mengadakan tes baik tulis maupun lisan
c. Guru mengajak peserta didik menyimpulkan
bersama materi pembelajaran
d. Guru memberikan pesan-pesan moral terkait
dengan sikap keimanan dan sosial
e. Guru memberikan tugas mandiri secara individu
f. Guru mengajak berdoa akhir pembelajaran dilanjutkan dengan salam
|
|
H.
Penilaian
1. Pengetahuan
Tes Tertulis (Isian)
Materi Adab Makan
No
|
Soal
|
1.
2.
3.
4.
|
Allahuma barik lana fima razaqtana waqina azaban-nar ini
adalah doa ………
Kebersihan merupakan sebagian dari….
Alhamdulillahilladzi at’amana wasaqana waja’alana
muslimin ini adalah doa …….
Mencuci tangan sebelum makan, berdoa sebelum dan sesudah
makan dan makan menggunakan tangan kanan disebut dari bagian……
|
Kunci jawaban:
1.
Doa sebelum makan
2.
Iman
3.
Doa sesudah makan
4.
Tata cara dari makan
Petunjuk Skor
Setiap skor nomor 1 sampai 4
mempunyai point 2,5
Skor maksimal = jumlah soal
benar x skor per point (2,5)
2.
Sikap
Observasi
Materi Adab
Makan
No
|
Nama Peserta
Didik
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Nilai
|
Peringkat
|
|||||
Y
|
T
|
Y
|
T
|
Y
|
T
|
Y
|
T
|
Y
|
T
|
||||
1
2
3
4
4
5
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dengan
Keterangan:
Y : ya
T : tidak
Aspek yasng
dinilai:
1.
Keaktifan
2.
Kerja sama
3.
Keberanian berpendapat
4.
Mengendalikan diri
5.
Menghormati pendapat
Petunjuk Skor
Jawaban yang
diberikan 1 dan diberi 0 terhitung skor akhir
3.
Keterampilan
Portofolio
Materi Adab Makan
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang diamati
|
Nilai
|
Predikat
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
2
3
4
5
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai :
1.
Kurang
2.
Cukup
3.
Sedang
4.
Baik
5.
Sangat baik
Petunjuk skor
Jawaban sangat baik diberi
skor 5, baik diberi skor 4, dan seterusnya.
Perhitungan skor akhir
menggunakan
Rubik Penilaian
Indikator pencapaian
kompetensi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1. Menunjukkan doa sebelum dan sesudah makan
|
|
|
|
|
2. Mempraktekkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai
implementasi dari pemahaman makna hadist kebersihan dan kesehatan
|
|
|
|
|
3. Mempraktekkan berdoa sebelum dan sesudah makan
|
|
|
|
|
4. Menunjukkan perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman
Q.S Al-Ashr
|
|
|
|
|
Catatan:
4 =
Sangat baik 2
= Sedang/cukup
3 =
Baik 1
= Kurang baik
Rentang
Soal = Skor maksimal – skor minimal
Keterangan:
BT : Belum terlihat (apabila peserta diidk belum
terlihat tanda-tanda awal
perilaku
yang dinyatakan dalam indikator)
MT :
Mulai terlihat (apabila peserta didik mulai memperlihatkan dalam indikator tapi
belum konsisten)
MB :
Mulai berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan tanda-tanda awal
perilaku yang dinyatakan dan mulai konsisten)
MK :
Membudayakan (peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang
dinyakatan dalam indikator secara konsisten)
Metro,
6 Desember 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah MIN 1
Metro Guru Mata Pelajaran
NIP: NPM : 1501050096
Komentar
Posting Komentar