RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BANGUN RUANG
PEMBELAJARAN
MATEMATIKA DI MI/SD
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BANGUN
RUANG
Tugas ini dibuat untuk memenuhi tugas UTS mata kuliah
Pembelajaran Matematika di MI/SD
Dosen Pengampu : Yunita Wildaniati, M.Pd

Di
Susun Oleh:
Adesia
Afraiana (1501050096)
KELAS
: PGMI B / V
FAKULTAS
TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
JURUSAN
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI METRO
TAHUN
AJARAN 2017/2018
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
RPP
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2
Metro
Kelas/Semester : IV (Empat) / 2 (Dua)
Mata Pelajaran : Matematika
Materi Pokok : Bangun Ruang
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan ( 2 x 35
menit)
A.
Standar
Kompetensi
1.
Memahami sifat-sifat bangun ruang
B.
Kompetensi
Dasar
1.1.
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
C.
Indikator
1.
Menyebutkan jenis-jenis bangun ruang
2.
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun
ruang
3.
Menyebutkan contoh-contoh benda bentuk
bangun ruang di lingkungan sekitar
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai siswa
diharapkan :
1.
Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis
bangun ruang dengan benar.
2.
Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat
bangun ruang dengan benar.
3.
Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh
benda bentuk bangun ruang di lingkungan sekitarnya dengan benar.
E.
Materi
Ajar
BANGUN
RUANG
1. Pengertian
bangun ruang
Bangun
ruang adalah bangun matematika yang mempunyai sisi atau volume. Bangun ruang
sering juga disebut dengan bagun 3 dimensi karena memiliki 3 komponen utama
sebagai berikut.
Bagian-bagian
bangun ruang :
1. Sisi
adalah bidang pada bangun ruang yang membatasi antara bangun ruang dengan ruang
sekitarnya.
2. Rusuk
adalah pertemuan dua sisi yang berupa ruas garis pada bangun ruang.
3. Titik
sudut adalah titik hasil pertemuan rusuk yang berjumlah tiga atau lebih.
2. Jenis-jenis
Bangun Ruang
a. Kubus

Merupakan bangun ruang
yang dibatasi oleh 6 sisi yang sama dan sebangun.
Ciri-ciri kubus :
-
Kubus merupakan bangun ruang dengan 6
sisi sama besar.
-
Kubus mempunyai 6 sisi berbentuk
persegi.
-
Kubus mempunyai 12 rusuk yang sama
panjang.
-
Kubus mempunyai 8 titik sudut.
-
Jaring-jaring kubus berupa 6 buah
persegi yang kongruen.
b. Balok

Merupakan bangun yang
dibatasi oleh 6 sisi yang mempunyai ukuran panjang dan lebar.
Ciri-ciri balok antara
lain :
-
Balok merupakan bangun ruang yang
dibatasi 6 persegi panjang dimana 3 persegi panjang kongruen.
-
Balok mempunyai 6 sisi berbentuk persegi
panjang.
-
Balok mempunyai tiga pasang bidang sisi
berhadapan yang kongruen.
-
Balok mempunyai 12 rusuk.
-
4 buah rusuk yang sejajar sama panjang.
-
Balok mempunyai 8 titik sudut.
-
Jaring-jaring balok berupa 6 buah
persegi panjang.
c. Prisma

Merupakan bangun yang
dibatasi oleh 6 sisi yang mempunyai ukuran panjang dan lebar.
Ciri-ciri prisma :
-
Prisma merupakan bangun ruang yang alas
dan atasnya kongruen dan sejajar.
-
Rusuk prisma alas dan atas yang
berhadapan sama dan sejajar.
-
Rusuk tegak prisma tegak lurus dengan
alas dan atas prisma.
-
Rusuk prisma disebut juga tinggi prisma.
-
Prisma segitiga mempunyai bidang alas
dan bidang atas berupa segitiga yang kongruen.
-
Prisma segitiga mempunyai 5 sisi.
-
Prisma segitiga mempunyai 9 rusuk.
-
Prisma segitiga mempunyai 6 titik sudut.
-
Jaring-jaring prisma segitiga berupa 2
segitiga dan 3 persegi panjang.
d. Kerucut

Merupakan bangun yang
dibatasi oleh alas yang berbentuk lingkaran dan selimut yang berbentuk lengkung.
Ciri-ciri kerucut :
-
Kerucut merupakan bangun ruang berbentuk
limas yang alasnya berupa lingkaran.
-
Kerucut mempunyai 2 sisi.
-
Kerucut tidak mempunyai tittik sudut.
-
Jaring-jaring kerucut terdiri dari
lingkaran dan segitiga.
e.
Tabung

Merupakan bangun yang dibatasi
oleh sisi lengkung dan dua buah lingkaran.
Ciri-ciri tabung :
-
Tabung meruupakan bangun ruang berupa
prisma tegak dengan bidang alas dan atas berupa lingkaran.
-
Tinggi tabung adalah jarak titik pusat
bidang lingkaran alas dan dengan titik pusat lingkaran atas.
-
Bidang tegak tabung berupa lengkungan
yang disebut selimut tabung.
-
Jaring-jaring tabung berupa 2 buah
lingkaran dan 1 persegi panjang.
f. Bola

Merupakan bangun yang
dibatasi oleh sisi lengkung.
Ciri-ciri bola :
-
Bola merupakan bangun ruang berbentuk
setengah lingkaran diputar mmengelilingi garis tengahnya.
-
Bola mempunyai 1 sisi dan satu titik
pusat.
-
Sisi bola disebut dinding bola.
-
Bola tidak mempunyai titik sudut dan
rusuk.
-
Jarak dinding ke titik pusat bola
disebut jari-jari.
-
Jarak dinding ke dinding dan melewati
titik pusat disebut diameter.
F.
Model/Metode
Pembelajaran
Model pembelajaran : Kooperatif Learning Tipe Jigsaw
Metode pembelajaran : Ceramah, Tanya Jawab dan Diskusi.
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Kegiatan
Awal
·
Guru memulai pelajaran mengucap
salam dan mengkondisikan siswanya untuk belajar serta membaca doa sebelum
belajar.
·
Mengecek kehadiran siswa.
·
Guru membuka ingatan siswa
tentang pelajaran minggu lalu dan menghubungkan dengan pelajaran sekarang
·
Memotivasi siswa
|
10
Menit
|
2
|
Kegiatan
Inti
·
Guru memberikan sekilas inti
materi tentang bangun ruang
Elaborasi
·
Guru membagi siswa dalam beberapa
kelompok (tiap kelompok terdiri dari 5-6 orang)
·
Materi pelajaran diberikan kepada
siswa dalam bentuk teks yang telah dibagi-bagi sub bab nya
·
Para siswa dari masing-masing
kelompok yang memilki tugas yang sama berkumpul membentuk kelompok anggota
yang baru (kelompok ahli), untuk mengerjakan tugas mereka, para siswa
tersebut menjadi anggota dengan bidang-bidang mereka yang telah ditentukan.
·
Masing-masing perwakilan tersebut
dapat menguasai materi yang ditugaskan, kemudian masing-masing perwakilan
tersebut kembali ke kelompok masing-masing (kelompok asal)
·
Terjadi diskusi antar siswa dalam
kelompok asal
·
Setelah itu siswa diberi tes
(lembar kerja siswa), hal tersebut untuk mengetahui apakah siswa sudah bisa
memahami materi yang sudah didapat
Konfirmasi
·
Guru bersama siswanya melakukan
tanya jawab untuk meluruskan atau membenarkan jawaban teman-temannya, dan memberi
penguatan
·
Guru memberikan kesimpulan
|
50
Menit
|
3
|
Kegiatan
Akhir
·
Guru membuat kesimpulan tentang
materi yang telah disampaikan
·
Guru melakukan tanya jawab
terhadap muridnya tentang materi yang telah disampaikan
·
Guru memberi tugas akhir
pembelajaran/ PR
·
Guru memberikan motivasi
·
Guru mengkondisikan siswanya
untuk membaca doa setelah belajar
|
10
Menit
|
H.
Media,
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media :
Alat peraga bangun ruang, gambar-gambar bangun ruang.
Alat dan Bahan : Spidol, karton.
Sumber
Belajar : Aep Saepudin, Babudin dkk, Gemar Belajar Matematika Untuk Siswa SD/MI
Kelas IV, (Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2009)
I.
Penilaian
Hasil Belajar
Bentuk :
Tes Tertulis
Jenis :
Soal isian dan Essay
Instrumen : Terlampir
Catatan
: jumlah soal = 10
soal (5 soal isian dan 5 essay)
Setiap
jawaban benar nilainya = 1
Jawaban
salah nilainya = 0
Nilai
akhir = total jawaban
benar soal isian & essay
Rubrik
Penilaian
Nilai Hasil Pembelajaran
No
|
Indikator Yang
Dicapai
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Menyebutkan
jenis-jenis bangun ruang
|
|
|
|
|
|
2
|
Mengidentifikasi
sifat-sifat bangun ruang
|
|
|
|
|
|
3
|
Menyebutkan contoh-contoh benda bentuk
bangun ruang di lingkungan sekitar
|
|
|
|
|
|
Catatan :
4
= Sangat Baik 2 = Sedang/Cukup
3
= Baik 1
= Kurang Baik
Penilain
Proyek
No
|
Nama Siswa
|
Skor dan Aspek
yang dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Kerja sama
|
Keaktifan
|
Sikap
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian
Performa
No
|
Nama Siswa
|
Performa
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Praktek
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Catatan
:
Penilaian
dari 1 – 4
Penilaian
proyek :
Jumlah Skor : 3
Penilaian
performa : jumlah
Skor : 2
Keterangan
Untuk Semua Penilaian :
4
= Sangat Baik 2
= Sedang/Cukup
3
= Baik 1
= Kurang Baik
Metro,
11 Oktober 2017
Mengetahui,
Kepala
Sekolah MIN 2 Metro Guru
Mata Pelajaran


NIP: NPM : 1501050096
LAMPIRAN-LAMPIRAN
A. Lembar Kerja Siswa (LKS)
No
|
Nama Bangun Ruang
|
Banyaknya
|
||
Sisi
|
Titik sudut
|
Rusuk
|
||
1
|
![]() |
|
|
|
2
|
![]() |
|
|
|
3
|
![]() |
|
|
|
4
|
![]() |
|
|
|
5
|
![]() |
|
|
|
6
|
![]() |
|
|
|
B. Soal Isian
1. Gambar
dibawah ini merupakan bangun ruang yang disebut dengan……..

2.

Gambar disamping
mempunyai ….. titik sudut.
3.
![]() |
Gambar disamping
mempunyai …… rusuk.
4. Bangun
yang dibatasi oleh sisi lengkung dan dua buah lingkaran disebut……..
5. Kerucut
merupakan bangun yang dibatasi oleh alas yang berbentuk lingkaran dan selimut
yang berbentuk…….
6. Balok
memiliki…… buah sisi.
7. Bangun
yang mempunyai 1 sisi dan satu titik pusat disebut dengan….
8. Bidang
tegak tabung berupa lengkungan yang disebut…….
9. Kubus
memiliki….. buah rusuk.
10. Sisi-sisi
pada kubus berbentuk……
KUNCI JAWABAN
1. Balok.
2. 8.
3. 9.
4. Tabung.
5. Lengkung.
6. 6.
7. Bola.
8. Selimut
tabung.
9. 12.
10. Persegi.
LuckyClub Casino Site Review & Ratings by LuckyClub.live
BalasHapusJoin luckyclub LuckyClub Casino today - Get up to 100% up to €£100 + 100 Free Spins Welcome bonus at Lucky Club!