Langkah-langkah membuat surat masal dengan fasilitas Mail Merge pada Software Microsft Office Word
Langkah-langkah
membuat surat masal dengan fasilitas Mail Merge pada Software Microsft Office
Word :
1. Bukalah
program Microsft Office Word.
2. Buatlah
surat masalnya (dokumennya) seperti format undangan, yang akan diisi adalah
nama orang dan alamat
Contohnya:
Kepada Yth
Di
3. Setelah
selesai membuat surat undangannya lalu simpan filenya didalam satu folder.
Contonya:
Membuat folder dengan
nama : Undangan_LA17
4. Kemudian
buka kembali file yang sudah disimpan didalam folder tadi.
5. Setelah
filenya dibuka, selanjutnya membuat data nama penerima undangan dengan memilih
atau mengklik icon Mailings pada
Toolbar Formatting kemudian pilih icon Select
Recipients, setelah itu klik bagian pojok kanan yang ada tanda panah
kebawah.
6. Setelah
di klik plih icon Type New List, kemudian
muncul kotak jendela New Address List, setelah
itu pilih icon Customize Columns pada
kotak jendela New Address List kemudian
muncul kotak jendela Customize Address
List kemudian hapus semua list yang ada pada Field Names, lalu tambahkan dengan mengklik icon Add pada jendela tersebut dan ketik
“nama” lalu klik ok dan ketik “tempat” lalu klik ok.
7. Kemudian
pada kotak jendela New Address List hanya
ada “nama” dan “tempat” saja. Kemudian ketik nama dan tempat(alamat) orang yang
akan diundang.
8. Setelah
menuliskan nama dan tempat kemudian simpan kedalam folder yang sama seperti
file yang sudah disimpan sebelumnya.
9. Setelah
disimpan, kemudian icon pada Mailings yang
tadinya terkunci sudah pada muncul semua (sudah tidak terkunci lagi).
10. Setelah
menuliskan nama dan tempat lalu letakkan kursor dibawah “Kepada Yth” kemudian pilih icon Insert Merge Field lalu klik pojok kanan bawah pilih nama dan akan
muncul <<nama>> dibawah tulisan “Kepada Yth”, setelah itu letakkan
kembali kursor di bawah tulisan “Di” kemudian pilih icon Insert Merge Field lalu klik pojok kanan bawah pilih tempat dan
akan muncul <<tempat>> dibawah tulisan “Di”. Setelah selesai
kemudian pilih icon Preview Results lalu <<nama>> dan
<<tempat>> berubah sesuai yang sudah kita buat nama dan tempatnya.
11. Jika
ingin mengedit/mengubah nama dan tempat atau juga ingin menambahkan penerima
undangan (nama dan tempat) lagi, pilih saja icon Edit Recipient List lalu klik kanan bawah pada icon tersebut, lalu
muncul kotak jendela Mail Merge
Recipient, kemudian klik data source yang akan ditambahkan atau centang
data source yang ingin diganti lalu pilih Edit.
Setelah diedit lalu klik Ok.
12. Setelah
semua langkah-langkah sudah selesai lalu pilih icon Finish & Merge kemudian klik pojok kanan bawah yang ada tanda
panahnya kebawah lalu pilih icon Print
Document, lalu muncul kotak jendela Merge
to Printer lalu pilih All kemudian
klik Ok lalu pilih printer Send To
OneNote 2007 dan pilih page rangenya
yang All lalu klik Ok.
13. Kemudian
hasilnya bisa dilihat di One Note.
Komentar
Posting Komentar